14 November 2015

[Cerbung SMASH] "Cewek Rockstar VS Cowok Boyband" SEASON 2 / Part 31

Title          : Cewek Rockstar VS Cowok Boyband
Season    : 2
Author       : @ariek_andini (adm4)
Genre        : Comedy - Romantic
Main Cast : Rangga, Andin, Dicky, Eriska Rein
Cast          : All member of D'Uneven, All member of SMASH, Roy Marten, Om Panchunk, Daaaan, banyak lageeeh...

So ceritanya, gue udah berkali-kali ditagih untuk melanjutkan cerbung di blog ini. Cerbung sih udah lanjut guys. cuman gue nggak ada kesempatan buat upload. biasanya gue ke kampus lalu wifian di sana buat post cerbung. masalahnya sekarang wifi kampus gue berpindah pindah sinyalnya. tempat tongkrongan yg biasanya asik buat wifian jadi nggak ada sinyal. paketan modem juga gue rasa percuma, kadang bisa kadang nggak bisa. katanya sih yang salah letak kos gue yang nyelip di antara rumah rumah yang sempit, jadi sinyal nggak bagus. sekarang ini gue tethringan pake paket smartphone yang udah jatuh tempo, besok udah abis, jadi gue abisin aja sekalian

sooo, thanks buat yang masih nungguin serial absurd ini. Gue juga kangen dengan kekocakan Rangga-Andin di sini... happy reading...

-----------------------



Rangga-SMASH
Cerbung SMASH
             “Saya koma?!!!” ulang Rangga tidak percaya.

             “Iya, koma. Katanya juga, Anda patah tulang di bagian lengan.”

             “Naudzubillah!!! Amit-amit!! Yang ngomong gitu siapa?!!”

             Pak Ikhsan menggeleng, “Di laporan yang saya dapat begitu.”

             “Yang bikin tuh laporan siapa?!!”

             Pak Ikhsan menggeleng lagi, “Laporan ini? Ya dari bagian penyidik! Sudah disebar ke semua bagian! Sudah diberikan pada jaksa umum juga!”

             What the hell!!!

             Rangga mengibas-ngibaskan tangannya. Sekujur tubuhnya langsung gerah. Entah harus memasang wajah gimana. Koma? Jadi semua orang selama ini percaya kalau dia koma dan dirawat di Singapura?!! terus yang sekarang berdiri ini siapa?!! Setan?!

             Pantesan selama ini Om Panchunk mati-matian menyuruhnya diam di kamar rumah sakit. Sejak awal Om Panchunk tahu lukanya sudah baikan. Tapi dia terus saja disekap di sana. Mereka ingin menyembunyikannya dari pihak kepolisian. Mereka takut polisi membawanya terlalu jauh. Mereka takut keterlibatannya dalam kasus kriminal diketahui publik.

             “Anda sudah nggak koma?!” dengan lugunya Pak Ikhsan bertanya.

             “Iya!! Betul! Saya sudah nggak koma! Kemarin saya pulang dari Singapura!!” sahut Rangga. Secara insting, jiwa aktingnya muncul.

             “Sudah sembuh?” Pak Ikhsan bertanya keheranan.

             “Itu... masih pusing!!” serta merta Rangga memegangi dahinya. Berdirinya yang semula tegap, langsung diubah miring-miring nggak jelas, “Saya nggak bisa ngelihat dengan jelas... masih pusing... burem...”

             Pak Ikhsan memegangi lengan Rangga, “Sebaiknya Anda pulang saja! Anda masih belum pulih benar!!”


             Pak Ikhsan menuntun Rangga ke mobil. Tapi kemudian dia melepas tubuh Rangga. Wajahnya bingung.

             “Aduh!! Saya malah memegang lengan Anda!! Maaf! Maaf!! Sakit ya?!! Lengan mana yang patah?!”

             Rangga nampak berpikir. Tapi kemudian dengan sigap dia meremas lengan kirinya.

             “Ouuh! Yang ini! Patahhh....”

             “Maaf!! Maaf!! Kalo begitu, saya memegangi punggung Anda saja!”

             “JANGANN!!!” Rangga melompat menjauh, “Jangan pegang punggung!!”

             Pak Ikhsan bengong.

             “Saya jalan sendiri saja! nggak usah dipegang-pegang!!” omel Rangga.

             Rangga berjalan miring. Mewanti-wanti kalau tiba-tiba Pak Ikhsan memegang punggungnya. Yang ada dia malah mirip kepiting.

             “Anda baru sembuh sudah berani nyetir sendiri. Anda ini terlalu ambil resiko! Mestinya Anda pakai sopir...” kata Pak Ikhsan menasehati Rangga.

             “Saya kangen sama mobil saya, jadi saya ajak dia jalan-jalan..” Rangga beralasan.

             “Saya senang sekali bisa bertemu Anda. Padahal banyak yang ingin saya tanyakan seputar kasus itu. Tapi mungkin lusa, saya akan membuat surat ijin dulu. Semoga Anda cepat sembuh...”

             Rangga membelalakkan matanya. Dia menoleh.

             “Tanya-tanyanya sekarang saja!! Saya juga punya banyak hal yang ingin saya bicarakan dengan Anda! Sekarang saja!” serobot Rangga.

             “Tapi Anda sedang sakit...”

             “Saya sudah sembuh!!”

             “Anda masih pusing kan!!”

             “Sekarang udah enggak!!”

             Rangga mati-matian membantah. Sedetik yang lalu dia ingin terlepas dari Pak Ikhsan. Tapi kini ia tak ingin meninggalkannya.

             “Saya ingin bertanya banyak kepada Anda tentang Doni Sambara!”

             Pak Ikhsan memicingkan matanya, “Anda kenal Doni Sambara?!”

             *************

             “Om tidak bisa menolak permintaan Label. Mereka pengen kamu tetap ke Jepang. Semua akomodasi sudah disusun. Kamu bahkan sudah dapat segmen sendiri di sana.”

             “...........”

             “Bisma?”

             “Ommmmmm....................” Bisma merengek dari balik telepon.

             “Kamu nggak usah ogah-ogahan gitu!! Ponakan Om yang udah TK aja nggak pernah ngerengek kayak kamu!!” Om Panchunk balas ngomelin Bisma.

             “Tapi ini Oktober, Ooommmmm....”

             Om Panchunk menyandarkan punggungnya ke kursi. Harus gimana ngadepin Bisma? Yang bilang ini bulan Januari juga siapa? Nenek-nenek keriput juga tahu kali kalo ini bulan Oktober.

             “Oktober itu mulai masuk musim gugur di sana. Om tau sendiri kan gimana parahnya udara di sana kalo udah mau musim dingin gini?”

             “Nanti Om bawain minyak kayu putih yang banyak...”

             “Mana memmpaaannnnn, Oooommmm.... Masyaallah!!”

             Bisma ngelus dada. Om Panchunk pengen dia mandi minyak kayu putih tiap hari biar tetep anget selama musim gugur gitu? Rese banget tuh om-om kalo ngasih nasehat.

             “Kamu harus lawan donk alergi kamu. Masa kamu mau kalah sama penyakit kamu sendiri? Kamu sendiri kan yang bilang pengen ikut adu dance bareng komunitas dance-street di luar negeri? Label udah ngabulin, malah kamu yang pengen batalin sendiri. Sayang kaaannnn...”

             Keluar deh licinnya. Om panchunk emang nomor satu kalo udah soal bolak-balikin omongan. Ujung-ujungnya Bisma Cuma diam manyun. Jempolnya udah gatel pengen mencet tombol end-call.

             “Mr. Akai akan sampai besok pagi. Jadi kamu jam 8 sudah harus udah di ruangan Om. Ngerti?! Ngerti enggak?!! Awas kalo molor! Pasang alarm itu yang bener makanya!! Om akan suruh Rafael buat bangunin kamu besok!!”

             “Iya ngerti...”

             “Nggak usah main game. Kalo sampe langsung tidur! Sudah sampe apartemen sekarang? Tidur sana! Nggak usah nonton bola!! Kalo diajak sama Reza jangan mau!! ngerti?!”

             “Apartemen apaan?!! Ini aku masih di studio!!”

             “APA?!!!”

             “Mana tadi katanya Pak Mance bakal jemput jam 8??? Ini udah jam 10, Om....”

             Om Panchunk kelabakan. Dia berdiri dari kursinya. Berjalan ke pintu, lalu melongok ke luar. Entah siapa yang ia cari.

             “Tapi tadi Om sendiri yang nyuruh Pak Mance buat jemput kamu!! Masa iya nyasar??”

             “Tau... pulang ke rumah bininya kali...” sambung Bisma bete. Ditelpon-telpon disuruh pulang, taunya jemputan nggak datang-datang. Kalo besok telat, pasti dia yang dihabisin.

             Om Panchunk berjalan cepat dari ruangannya. Tiap melewati lorong, dia menoleh. Kali aja Pak Manche lagi nongkrong di sana.

             Sampai di halaman depan, Om Panchunk berkacak pinggang. Tatap mataya menyapu semua sudut. Mobil Pak Manche yang semestinya ia gunakan untuk menjemput Bisma sekarang, masih teronggok di tempat semula.

             “Ben! Beni!! Pak Manche kemana?”

             Om Panchunk memanggil Beni, office boy yang kebetulan piket malam, yang sedang sibuk minggir-minggirin pot bunga di teras gedung.

             “Wah, udah sejam lalu Pak berangkat...”

             “Nyusul Bisma?”

             “Enggak tahu. Tadi motoran sama Jambrong ke Cileduk...”

             “CILEDUK??!”

             “Ngambil mobilnya, Mas Rangga, Pak. Katanya bannya kempes...”

             “HAHH????”

             Om Panchunk kaget setengah mati. Ia melototi Beni, si OB yang nggak tau apa-apa, dengan muka garang.

             Ngambil mobil Rangga? Di Cileduk? Karena kempes?!! Tuh kecebong ngapain sampe Cileduk segala??!!! Perasaan baru tadi sore ia mengizinkan Rangga bebas dari rumah sakit karena permohonan Papanya Rangga. Dan sekarang? Hanya selang dua jam? Rangga sudah berada di daerah Banten?!!

             ALLAHU AKBARRR!!

             **************

             “Setiap warga negara asing yang masuk ke Indonesia, diwajibkan memperbarui statusnya di kantor keimigrasian. Terakhir Tomy Huang memperbarui status kenegaraannya, ini, tahun 2002, dua belas tahun lalu...”

             Pak Ikhsan menyodorkan sebuah berkas ke hadapan Rangga. Dibukanya lembar demi lembar.

             “Saya sudah menghubungi semua kantor keimigrasian. Tomy Huang pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1997. Setahun sebelum kerusuhan reformasi terjadi.”

             Deru mobil dari jalanan terdengar sayup-sayup. Merasuk ke dalam ruang kerja Pak Ikhsan di kantor kesatuannya. Larut malam selalu terasa berbeda dibanding siang hari. Hanya ada beberapa polisi saja yang kebetulan shift malam. Terlebih di ruang kerja seperti ini, kesunyian semakin menjadi-jadi. Suara Pak Ikhsan yang lirih, terdengar menggema dan kencang.

             “Terlepas dari statusnya sebagai gembong mafia penjualan manusia, Tomy Huang menjadi kunci penting di banyak kasus.” Pak Ikhsan meneruskan penjelasannya, “Satu hal yang ingin saya kejar. Yang selalu menjadi pintu semua kejadian kriminal di Indonesia. Yaitu, bagaimana bisa Tomy Huang lepas dari pengawasan petugas keimigrasian selama lebih dari 10 tahun. Dia bebas dari pajak dan berkeliaran di negara kita dengan bebas.”

             “Dia tinggal dimana?” sahut Rangga.

             “Tidak ada yang tahu! Tomy Huang bungkam soal keadaan dan masa lalunya. Dia menjelaskan dengan jelas sistem penjualan manusia yang dia pimpin. Dia bahkan mau membongkar penadahnya. Tapi tidak dengan yang satu itu. Dimana dia tinggal selama di Indonesia, bagaimana dia hidup dengan sembunyi-sembunyi, tidak ada yang tahu.”

             Pak Ikhsan membuka laci mejanya. Dia membuka sebuah map tebal. Begitu dibuka, nampak selembar foto polisi berseragam lengkap.

             “Namanya Zainal. Muhammad Zainal Abidin. Baru setahun bertugas. Dia ditemukan sekarat di belakang gudang waktu penyergapan di daerah Kalibaru dulu. Tenggorokannya dirobek dengan benda tajam. Dia dilarikan ke rumah sakit, tapi terlambat.”

             Rangga mengamati foto yang ditunjukkan Pak Ikhsan. Entah harus bagaimana dia menanggapi.

             “Itu bukti, bahwa ada beberapa anak buah Tomy Huang yang berhasil kabur saat penyergapan. Mereka membunuh polisi yang membawa mereka lalu lari entah kemana. Buronan. Berdasarkan olah TKP, kira-kira ada tiga orang yang kabur.”

             Pak Ikhsan ganti membuka map lainnya. Dia melempar tiga lembar foto ke depan Rangga.

             “Foto-foto itu sudah di sebar ke semua kesatuan polisi di daerah. Yang pertama namanya Sumaryo. Kancrut dari daerah Tuban. Dulu pernah terlibat pencurian dan pembunuhan toko emas. Dipenjara 11 tahun. Bebas. Lalu tiba-tiba sekarang menjadi bawahan Tomy Huang.”

             “Yang kedua namanya Kacong. Anak baru. Belum diketahui nama aslinya. Dia sering ngikut Sumaryo kemana-mana. Termasuk ngikutin saya dan meneror saya. Nah, itu yang ketiga....”

             Rangga memilah foto terakhir. Foto seorang pemuda kekar memakai baju tahanan. Wajah yang tidak asing lagi. Wajah yang hampir menyayat wajahnya di studio berbulan-bulan lalu. Wajah yang ia kejar ketika syuting dan membuatnya jatuh di tangga darurat.

             “Doni Sambara. Begundal tangan dingin. Total sudah empat orang polisi mati karena dia. Dia tidak segan-segan menghabisi orang yang sudah ada di depannya. Bukan dengan memukul, menembak, atau mencekik. Caranya sangat khas. Selalu menggunakan silet, cutter, atau pisau lipat kecil. Ditancapkan langsung di tenggorokan, lalu dirobek.”

             Hening. Rangga mengamati foto di depannya dengan kaki membeku. Duduknya tak lagi nyaman. Desah nafasnya juga mulai tidak teratur.

             “Anda tahu dimana dia tinggal?”

             Pak Ikhsan menggeleng. Di matanya, pertanyaan Rangga terdengar sangat polos. Selalu menanyakan dimana tempat tinggal seorang buronan. Jika dia tahu, buronan itu pasti sudah habis dari dulu.

             “Dia bisa muncul di mana saja. Namanya sering berubah-ubah. Dia pernah menikahi perempuan bernama Dewi Wahyuni. Pernikahannya hanya berjalan 3 bulan. Dia digugat cerai oleh istrinya sendiri karena keterlibatannya dalam jual beli ganja.”

             Pak Ikhsan beranjak dari duduknya. Dia berjalan ke cendela. Mengintip keluar. Lalu menutup kembali tirai yang ia sibak.

             “Sebenarnya itu semua adalah informasi terlarang bagi orang sipil seperti kamu. Bisa saja saya dikeluarkan secara tidak terhormat karena hal yang saya lakukan sekarang.”

             Pak Ikhsan menutup map tebal yang memenuhi mejanya. Lembaran foto yang ia lempar begitu saja ke depan Rangga, ia ambil kembali.

             “Jadi....” Pak Ikhsan menarik nafas panjang, “Soal pemilik Bona Pictures itu, kamu yakin?”

             Rangga menggigit bibirnya. Terlalu banyak fakta yang dia ketahui. Dia menjadi ruwet sendiri.

             “Kalau benar Doni Sambara bekerja untuk Bunawar, maka sementara bisa kita simpulkan, Bunawar dan Tomy Huang secara tidak langsung memiliki hubungan.”

             Pak Ikhsan membuat coret-coretan di selembar kertas. Dia melingkari sebuah huruf, menariknya dengan anak panah. Lalu membuat lingkaran yang lain di sebelahnya.

             “Doni, menjadi penengah di antara mereka berdua.Tomy Huang adalah tersangka utama mafia human trafficing, dan Bunawar.....” Pak Ikhsan menarik garis panjang di atas kertas, “...pemilik production house besar di Indonesia. Lalu Doni menyerang kamu di parkiran studio syuting. Dannn....”

             “Mungkinkah? Bunawar yang menyembunyikan Tomy Huang selama dia menjadi imigran gelap di Indonesia?”

             Eh?

             Pak Ikhsan terhenyak oleh penuturan Rangga. Bulpen di tangannya hampir terjatuh. Tapi kemudian dengan sigap dia mencoret kertas di depannya. Membuat lingkaran besar di antara nama Bunawar dan Tomy Huang.

             “Tapi saya masih tidak mengerti, hubungan menguntungkan apa yang terjadi antara bos besar production house... dengan.... otak human trafficing... eh?!!”

             Pak Ikhsan membelalakkan matanya. Kali ini bulpennya benar-benar jatuh ke lantai. Pak Ikhsan menggebrak meja di depannya.

             “Benar juga!! Kenapa ini nggak terpikirkan sama sekali?!! Human trafficing, semua yang diselundupkan oleh Tomy Huang adalah gadis muda di bawah umur!!”

             Pak Ikhsan tersenyum sumringah. Terlukis kemenangan di wajahnya. Dia menepuk bahu Rangga bangga. Misteri yang sudah membuatnya jungkir balik. Akhirnya terkuak, beberapa jam saja setelah Rangga muncul di depannya.

             Malam itu, Rangga menyudahi kunjungan diam-diamnya ke markas Pak Ikhsan tepat jam 11 malam. Dua jam berkutat dengan berkas dan permainan tebak-tebakan, membuat angin malam terasa menyegarkan.

             “Saya bisa menyuruh bawahan saya buat ngantarin kamu pulang. Nggak perlu naik taksi begini...” ucap Pak Ikhsan.

             Rangga hanya tertawa. Mana mungkin dia jawab jujur. Dimana-mana, yang namanya naik mobil polisi ya mana enak. Mau masuk komplek apartemen ntar pasti urusannya ruwet. Bisa-bisa dia dikira tahanan polisi.

             “Jujur saya masih kepikiran. Itu tadi beneran nggak apa-apa mobilnya ditinggal? Kalo ada yang ngambil gimana?” tanya Pak Ikhsan. Rangga mati-matian minta naik di mobilnya dan meninggalkan mobilnya sendiri di daerah Cileduk.

             “Tenang, Pak! Saya sudah telpon sopir buat ngambil...”

             Taksi pesanan Pak Ikhsan menjemput Rangga tepat di depan halaman kantor polisi. Rangga menguap bolak-balik saat berpamitan dengan Pak Ikhsan. Masuk ke dalam mobil lebih parah. Rangga langsung tertidur pulas. Sejak pagi dia menuruti Andin buat fitting baju, kejar-kejaran sama Pak Ikhsan, lalu ngejogrog di kantor polisi selama berjam-jam. Sekujur tubuhnya rasanya pegal-pegal.

             “Mas! Mas!”

             Rangga kedip-kedip.

             “Mas!! Bangun, Mas!! Udah nyampe!!” panggil sang sopir taksi.

             Rangga menegakkan tubuhnya. Wajahnya kucel abis. Kesadarannya belum pulih benar. Dengan lemas Rangga membuka pintu taksi. Begitu wajahnya berhadapan dengan pemndangan di luar, mata Rangga langsung terbuka lebar.

             “INI DIMANA?!!!”

             Rangga memekik kaget. Bukannya komplek apartemen, dia malah menjumpai komplek pabrik dengan cerobongnya yang menjulang tinggi. Suasana sepi dan gelap. Bangunan-bangunan pabrik berjajar di depan Rangga dengan seramnya.

             “Katanya tadi ke Buana Indah. Ya ini Buana Indah, Mas...” jawab si Sopir Taksi.

             “Ha?” Rangga berdiri mematung. Sejak kapan apartemennya digusur dan berubah jadi bangunan pabrik kek begini?

             Bapak Sopir Taksi berkumis tebal itu mengamati Rangga dari balik kemudi. Rangga masih menempel di mobilnya. Keluar kagak, duduk di dalam juga kagak. Rangga seperti kesurupan melihat pemandangan di luar sana.

             “Ini bukan Buana Indah, Pak!!” semprot Rangga.

             “Bukan gimana? Itu tulisannya!!” balas si Sopir Taksi.

             Rangga menoleh pada arah yang ditunjuk si sopir taksi. “Pabrik Tekstil Buana Indah”. What the hell!!

             “Saya tujuannya ke Apartemen Buana Indah!! Bukan pabriknya!!”

             Sopir Taksi itu bengong.

             “Apartemen Buana Indah! Di daerah Menteng!”

             “Ooooh! Yang itu!! jadi bukan pabriknya, ya?”

             Rangga masuk kembali ke dalam mobil. Gimana sih sopir taksi?! Masa iya dia pikir dia tidur di pabrik?

             “Buana Indah group itu buka usaha di banyak sektor. Ada usaha tekstil, yang tadi itu pabriknya, ada apartemen, ada perhotelan, ada restoran juga. Buana Indah emang banyak dimana-mana.”

             “Ooooohhh...”

             Sang sopir taksi Cuma ber-oh mendengar penjelasan Rangga. Membuat Rangga semakin dongkol. Abis deh dia muter-muter Jakarta tengah malem. Kenapa nasibnya selalu buruk kalo udah naik taksi?!

             Setengah jam kemudian Rangga baru bener-bener nyampe di apartemennya. Kesadarannya sudah hampir habis. Jam berapa sekarang, berapa lama dia disasarkan sopir taksi, Rangga sudah tidak ingat. Dengan mata merem melek, Rangga membayar si sopir taksi lalu masuk ke dalam apartemen.

             Rangga berjalan dengan langkah super pelan. Hanya beberapa lampu saja yang menyala di sepanjang lorong. Suasana begitu temaram. Rangga was-was dengan jalan yang dia lewati. Rasa kantuk sudah menggantung di pelupuk matanya. Pot bunga hampir dia tabrak.

             Sampai di depan pintu apartemen, Rangga membuka password pintu apartemennya dengan usaha setengah mati. Tangannya sudah tidak bisa diajak kompromi. Disuruh mencet angka 6, yang kepencet angka 5. Disuruh mencet tombol enter, yang kepencet malah angka nol.

             “Aaaaaghhrrr!!! Nyari gara-gara, ha?!! Haaaaaa???!!!”

             Rangga meracau di depan pintu. Dia menendang-nendang emosi. Dia ingin cepat-cepat masuk ke dalam lalu tidur! Matanya sudah ngantuk tingkat akut!

             Cklek!!

             Tiba-tiba seseorang membuka pintu dari dalam. Sesosok orang berkaos biru muncul. Rambutnya mowhack ke depan. Pakai celana jeans. Tangannya berkacak pinggang.

             Rangga mengerjapkan matanya. Hm? Rafael? Tapi sejak kapan Rafael keriput gitu?

             Eh? Keriput??

             “OM PANCHUNNKKK?!!!” pekik Rangga kaget. Seketika matanya terbuka lebar.

--------------------------

BERSAMBUNG KE PART 31

1 komentar:

  1. Ini lanjutan nya mana woy aduhhhhh ga beres udah nih author

    BalasHapus